Traffic Light Proyek

( Tugas Kelompok Dayanna & Anggia P)

 

Proyek ini beroperasi merah, kuning dan hijau LED dalam urutan yang benar untuk lampu lalu lintas Inggris tunggal menyesuaikan. Waktu yang dibutuhkan untuk merah – merah & kuning – hijau – kuning lengkap urutan dapat bervariasi dari sekitar 7s untuk sekitar 2 ½ menit oleh 1M preset. Some amber LEDs emit light that is almost red so you may prefer to use a yellow LED. Beberapa amber LED memancarkan cahaya yang hampir merah sehingga Anda dapat memilih untuk menggunakan kuning LED ( walaupun dalam proyek kami berdua Anggia dan Dayanna berwarna merah, putih, dan biru :-D)

Bagian Diperlukan

  • resistors: 470 ×3, 22k, 100k resistor: 470 × 3, 22k, 100k
  •  kapasitor: 0.1μF, 1μF 16V radial, radial 10μF 16V
  • Dioda: 1N4148 × 6
  • LEDs: red, amber (or yellow), green LED: merah, kuning (atau kuning), hijau
  •  1M preset, horizontal
  • 555 timer IC, such as NE555 555 timer IC, seperti NE555
  • 4017 counter IC 4017 IC counter
  • DIL sockets for ICs: 8-pin, 16-pin DIL socket untuk IC: 8-pin, 16-pin
  • on/off switch on / off
  • battery clip for 9V PP3 baterai klip untuk 9V PP3
  • stripboard: 20 rows × 21 holes papan strip: 20 × 21 baris lubang

(Untuk harga keseluruhannya ± Rp. 35.000,-)

Papan strip layout & Diagram circuit

Alarm Dummy Proyek

(tugas individu)

                    This Dummy Alarm project makes an LED flash briefly once every 5 seconds to imitate the indicator light of a real alarm. Alarm proyek ini Dummy membuat lampu kilat LED singkat sekali setiap 5 detik untuk meniru lampu indikator alarm nyata. The circuit is designed to use very little current to prolong battery life so that it can be left on permanently. sirkuit ini didesain untuk menggunakan sangat sedikit sekarang untuk memperpanjang hidup baterai sehingga dapat ditinggalkan di secara permanen. An on/off switch is not included, but could be added if you wish. Sebuah on / off saklar tidak dimasukkan, tetapi bisa ditambah jika Anda inginkan.

http://www.kpsec.freeuk.com/index.htm , dari link tersebut anda akan memeperoleh beberapa proyek listrik, seperti ” Alrm dummy”

Bagian Diperlukan

  • resistors: 1k, 10k, 680k resistor: 1k, 10k, 680k
  • capacitor: 10µF radial kapasitor: radial 10μF
  • LED: red superbright, 5mm diameter LED: superbright merah, 5mm diameter
  • 555 low power timer IC 555 IC timer daya rendah
  • 8-pin DIL socket for IC 8-pin DIL soket untuk IC
  • battery clip baterai klip
  • 4.5V battery box for 3 AA cells Baterai 4.5V kotak selama 3 sel AA
  • stripboard: 8 rows × 16 holes papan strip: 8 baris × 16 lubang

Untuk harganya :

1. LED merah 505 Rp. 1.000,-

2. Papan sirkuit Rp. 5.000,-

3.Baterai Rp. 5.000,-

4. Kanang baterai Rp. 3.000,-

(Yah, kurang lebih untuk membuatnya memerlukan biaya ± Rp.25.000,- 🙂 )

PAPAN STRIP LAYOUT & CIRCUIT DIAGRAM

OPTIK GEOMETRI

Sinar-sianar istimewa pada cermin

Alat Optik

Sinar-sianar istimewa pada lensa

1. Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.

2. Kacamata

Lup,Mikroskop,teropong

Lup atau kaca pembesar adalah sebuah lensa cembung yang mempunyai titik fokus yang dekat dengan lensanya.

Mikroskop (bahasa Yunani: micron = kecil dan scopos = tujuan) adalah sebuah alat untuk melihat obyek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, dan kata mikroskopik berarti sangat kecil, tidak mudah terlihat oleh mata.

Teleskop atau teropong adalah instrumen pengamatan yang berfungsi mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dari benda yang diamati.

SUHU & KALOR

Suhu adalah ukuran panas dinginnya suatu benda.

Beberapa skala termometer yang biasa dipakai, di antaranya termometer celcius (0C), reamur (0R), fahrenheit (0F), dan suhu mutlak yang dinyatakan dengan kelvin (0K).

Pemuaian

Jika suhu suatu benda berubah, umumnya ukuran benda juga mengalami perubahan (pemuaian atau penyusutan).

Pemuaian Panjang

L = A0 (1 +a.DT)

L0        = panjang mula-mula pada sudut T0

L      = panjang akhir pada suhu T  

a       =  koefisien muai panjang

DT    = perubahan suhu 

Pemuaian Luas

V = V0 (1 +g.DT)

A0 = Luas mula-mula pada suhu T0

A    = Luas akhir pada suhu T  

b    = koefisien muai luas = 2a

 

Pemuaian Volume

V = V0 (1 +g.DT)

V0 = volume mula-mula pada suhu T0  

A  = volume akhir pada suhu T  

g   = koefisien mulai volume = 3a

LISTRIK DINAMIS & HUKUM KIRCHOFF

Resistor adalah komponen elektronik dua saluran yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi penurunan tegangan diantara kedua salurannya sesuai dengan arus yang mengalirinya, berdasarkan hukum Ohm:

\begin{align}V&=IR\\ I&=\frac{V}{R}\end{align}

Hukum KIrchoff

BAB 1. Besaran & Satuan

Besaran pokok –  Besaan turunan  –  Angka Penting  – Vektor

1.Besaran pokok adalah besaran yang telah ditetapkan lebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lainnya.

2.Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok.

3.Aturan angka penting

Satuan

Satuan Tradisional

4. Vektor yaitu besaran selain memiliki nilai tetapi juga memiliki arah. Contoh: Perpindahan,kecepatan,percepatan dan gaya.

Cara Memproyeksikan Vektor

KINEMATIKA GERAK LURUS & DINAMIKA GERAK LURUS

-Kinematika adalah ilmu yang mempelajari gerak tanpa mempedulikan penyebab timbulnnya gerak.

-Dinamika adalah ilmu yang mempelajari penyebab gerak.

Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu obyek, dimana dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.

s = v \cdot t \!

dengan arti dan satuan dalam SI:

  • s = jarak tempuh (m)
  • v = kecepatan (m/s)
  • t = waktu (s)

Gerak lurus berubah beraturan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus suatu obyek, di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap. Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier melainkan kuadratik.

v = v_0 + a \cdot t \!
s = v_0 \cdot t +  \frac{1}{2} a \cdot t^2 \!

dengan arti dan satuan dalam SI:

  • v0 = kecepatan mula-mula (m/s)
  • a = percepatan (m/s2)
  • t = waktu (s)
  • s = Jarak tempuh/perpindahan (m)

Gerak jatuh bebas atau GJB adalah salah satu bentuk gerak lurus dalam satu dimensi yang hanya dipengaruhi oleh adanya gaya gravitasi. Variasi dari gerak ini adalah gerak jatuh dipercepat dan gerak peluru.

Rumus umum

Secara umum gerak yang hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi memiliki bentuk:

y = y_0 + v_0 \cdot t + \frac12 g t^2 \!

di mana arti-arti lambang dan satuannya dalam SI adalah

  • t adalah waktu (s)
  • y adalah posisi pada saat t (m)
  • y0 adalah posisi awal (m)
  • v0 adalah kecepatan awal (m/s)
  • g adalah percepatan gravitasi (m/s2)

Akan tetapi khusus untuk GJB diperlukan syarat tambahan yaitu:

v_0 = 0 \!

sehingga rumusan di atas menjadi

y = y_0 + \frac12 g t^2 \!

Gerak harmonik sederhana

Gerak harmonik sederhana adalah gerak bolak – balik benda melalui suatu titik keseimbangan tertentu dengan banyaknya getaran benda dalam setiap sekon selalu konstan.

Jenis Gerak Harmonik Sederhana

Gerak Harmonik Sederhana dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu:

  • Gerak Harmonik Sederhana (GHS) Linier, misalnya penghisap dalam silinder gas, gerak osilasi air raksa / air dalam pipa U, gerak horizontal / vertikal dari pegas, dan sebagainya.
  • Gerak Harmonik Sederhana (GHS) Angular, misalnya gerak bandul/ bandul fisis, osilasi ayunan torsi, dan sebagainya.

Persamaan Gerak Harmonik Sederhana

Persamaan Gerak Harmonik Sederhana adalah :
Y = A sin \omega\ t
Keterangan :

Y = simpangan

A = simpangan maksimum (amplitudo)

F = frekuensi

t = waktu
Jika posisi sudut awal adalah θ0, maka persamaan gerak harmonik sederhana menjadi :
Y = A sin  \omega\ t + \theta_0

  Kecepatan Gerak Harmonik Sederhana

Dari persamaan gerak harmonik sederhana Y = A sin  \omega\ t

Kecepatan gerak harmonik sederhana :

v = \frac{dy}{dt} (sin A sin  \omega\ t)

v = A \omega\ cos  \omega\ t

Kecepatan maksimum diperoleh jika nilai cos \omega\ t = 1 atau \omega\ t = 0, sehingga : vmaksimum = Aω

 Kecepatan untuk Berbagai Simpangan

Y = A sin \omega\ t

Persamaan tersebut dikuadratkan

Y^2 = A^2 sin^2 \omega\ t, maka:

Y^2 = A^2 (1 - COS^2 \omega\ t)

Y^2 = A^2 - A^2 COS^2 \omega\ t …(1)

Dari persamaan : v = A \omega\ cos  \omega\ t

\frac{v}{\omega} = A cos  \omega\ t …(2)

Persamaan (1) dan (2) dikalikan, sehingga didapatkan :

v^2 = \omega\ (A^2 - Y^2)
Keterangan :

v =kecepatan benda pada simpangan tertentu

ω = kecepatan sudut

A = amplitudo

Y = simpangan

Percepatan Gerak Harmonik Sederhana

Dari persamaan kecepatan : v = A \omega\ cos \omega\ t, maka:

a = \frac{dv}{dt} = \frac{d}{dt}

a = -A \omega^2\ sin \omega\ t

Percepatan maksimum jika \omega\ t = 1 atau \omega\ t = 900 = \frac \pi 2

a maks = -A \omega^2\ sin \frac \pi 2

a maks = -A \omega^2\
Keterangan :

a maks = percepatan maksimum

A = amplitudo

ω = kecepatan sudut

Hukum Newton

Hukum 1 Newton (Hukum Kelembaman)

Jika resultan gaya nol, maka

–          Benda yang mula-mula diam akan tetap diam

–          Benda yang mula-mula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap.

Secara matematis: SF = 0 untuk benda diam atau benda bergerak lurus beraturan.

Hukum 2 Newton

Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan masaa benda

Secara matematis :

a=

F = m.a

Hukum3 Newton

Untuk setiap aksi, ada suatu reaksi yang sama besar tetapi berlawanan arah.

Secara matematis: Aksi = reaksi

GERAK PROYEKTIL

Gerak peluru merupakan suatu jenis gerakan benda yang pada awalnya diberi kecepatan awal lalu menempuh lintasan yang arah sepenuhnya dipengaruhi oleh gravitasi.

Selama benda bergerak, ada beberapa hal yang dapat kita catat:

1. Benda memndapatkan percepatan gravitasi dalam arah vertikal (GLBB)

2. Benda tidak mengalami percepatan dalam arah horizontal (GLB)

Laju awal benda:

1. Vx0 = V0 cos q (arah horizontal)

2. Vy0 = V0 sin q (arah vertikal)

Laju benda setiap saat

1. Vx = Vx0(arah horizontal)

2. Vy = Vy0 – gt(arah vertikal)

Posisi benda setiap saat:

1. x = x0 + vx0 . t(arah horizontal)

2. y = y0 + vyo . t – ½ gt2 (arah vertikal)

GERAK MELINGKAR

–       Percepatan yang senantiasa mengarah ke pusat disebut percepatan sentripetal

Gerak Melingkar Beraturan

Persamaan hubungan untuk besaran-besaran fisis dalam kasus gerak melingkar beraturan

T =  ; f =

v =  ; v = 2

w =  ; w = 2pf

v= rw

Keterangan:

T= periode (s)

f = frekuensi (Hz)

v = kecepatan linear (m/s)

r = jari-jari (m)

w = kecepatan sudut (rad/s)

Persamaan untuk gerak melingakar berubah beraturan

Percepatan sudut a = tetap

w = w0 + at

Dq = w t

            Suhu adalah derajat panas atau dingin suatu benda. Tnanah mempunyai suhu atau temeperatur. Pada siang hari tanah pasir memiliki suhu lebih panas dibanding tanah lempung. Suhu tanah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan mikrobiologi dan perkecambahan biji tananman. Makin tinggi suhu sampai batas tertentu makain meningkat kegiatan mikrobiologi.

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK merupakan suatu gelombang dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik secara berurutan dan gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat, dapat merambat dalam ruang hampa.

Beberapa teknologi yang menggunakan gelombang elektromagnetik:

Handphone,tv,microwaves oven dan radio.

Microwaves (gelombang-gelombang mikro) dihasilkan oleh magnetron, Suatu tegangan tinggi membangkitkan arus besar yang memanaskan suatu bagian yang disebut katoda. Dan memeberikan energi pada katoda yang kemudian diubah menjadi microwaves. Microwaves diarahkan sepanjang penuntun gelombang yang berongga untuk masuk ke seluruh ruang komapartemen. Dan microwaves kompartemen inilah yang masuk ke dalam makanan. Jadinya makanan akan bisa matang.

Akhir-akhir ini kota tercinta kita Palangka Raya sering hujan, dan tidak jarang disertai dengan petir. Petir merupakan peristiwa nyata yang melibatkan listrik statis.

Bagi bangunan-bangunan bertingkat, pada atas atap dipasang alat penangkal petir. Penangkal petir terdiri atas beberapa konduktor yang ujungnya runcing, dihubungkan ke lempengan logam (tembaga) yang di tanam di tanah. Dan penangkal petir melindungi petir dari petir dengan 2 cara:

1.Aliran ion positif dari ujung runcing konduktor menuju awan halilintar mengurangi muatan listrik induksi pada atap gedung juga menetralkan beberapa muatan listrik negatif pada awan. Dan menyebabkan berkurangnya kesempatan atap gedung tersambar petir.

2.Jika petir menyambar juga, penangkal petir menyediakan jalur untuk dilalui elektron-elektron menuju ke dalam tanah. Tanah memiliki kemampuan tak terbatas untuk menampung elektron .

Dan listrik sangat berperan dalam kehidupan kita, seperti untuk menyalakan lampu,tv,radio,pengering rambut,kulkas,komputer dll.

Kalor adalah energi yang berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah ketika kedua benda bersentuhan.

Bagi sebagian negara yang beriklim tropis kebanyakan pengendara ronda empat (mobil) lebih memilih untuk mengisi radiatornya dengan menggunakan air daripada alkohol antibeku. Mengapa?

Jika radiator diisi dengan alkohol antibeku, mesin akan lebih cepat panas dan  mengakibatkan mesin bisa retak (rusak), karena alkohol antibeku lebih cepat untuk menerima panas, sedangkan air lebih lambat untuk menyerap panas, sehingga mesin mobil akan lebih stabil kepanasannya (lambat untuk panas).

Tetapi bagi negara yang memiliki iklim musim dingin radiator yang diisi dengan alkohol antibeku sangat cocok. Sehingga saat musim salju kita dapat menggunakan mobil tanpa takut khawatir isi radiator akan membeku karena diisi dengan air.

      Jika handphone gak ada pulsa ditambah lagi yang di dalam dompet lagi kering-keringnya rasanya gak banget deh. Apalagi jika ada hal penting yang ingin kita sampaikan kepada kerabat kita tetapi jarak yang membentang cukup jauh.
Tapi, kita masih bisa memakai telepon rumah dong. Tapi pernah gak kita berpikir kenapa kabel telepon dibuat mengendur saat musim panas?
Setelah berkonsultasi kepada yang mengerti masalah begituan, akhirnya saya mendapatkan jawabannya. Intinya adalah kita tau bahwa pemuaian adalah peristiwa atau berkurangnya panjang, luas, volume suatu benda akibat perubahan suhu. Ketika musim dingin, kabel telepon akan mengencang dan jika pada musim panas kita buat mengencang, ya tentu saja kan tali akan putus pada musim dinginnya. Nah makanya pada musim panas kita buat agak mengendur agar memberikan ruang pada saat memuainya.

Wahhhh,,,dapat home work nih dari Pak rudy…….yaitu tulis “Interaksi antara G’teven dan Pak Rudy”. Seru banget soalnya aq lumyan suka nulis,,hehehe walaupun gak jago2 amat.

“G’Teven and Physic Teacher”

Dag……dig……dug……………..(lebay sekali bunyi jantung kaya gitu). Jantung berdetak lebih cepat dari biasanya, karena ini hari pertama bagi kami semua untuk ganti kulit yang awalnya biru-putih menjadi abu-abu putih,,, wuihhhhh bangga nian euy……

Sesosok pria menggunakan ransel dipunggungnya masuk disertai senyuman. Suara kelas pun jadi hening yang awalnya udah kaya dipasar kahayan eh tiba-tiba sunyi saat si pria itu masuk. WHO???? Aq memutar otakku untuk mengingat wajah tersebut…. Siapa yaaa??? Oooooooo…………….oooooow, ternyata dia adalah guru yang meberikan ceramah saat mos tentang “Apa sih itu RSBI???”(kalo gak salah sihhh,itu temanya,maaf jika salah^^). Dia ternyta adalah……………………………….eng……ing………..eng………………..Pak Rudy guru fisika yang akan mendidik kami dikelas X.

Hmmmmmm, gak terasa udah beberapa bulan kami bersekolah di SMA negeri 2 Palangka raya, dan gak terasa juga, yang awalnya kami canggung sama Pak rudy jadi akrab tapi tetap “Menghargai” beliau. Banyak hal yang terjadi antara penghuni G’teven dan pak Rudy. Salah satu peristiwa yang sangat tidak akan pernah terlupakan adalah kejadian, “FT dan YC”,,,,,untung masalah itu sudah beres. Walaupun disertai dengan nangis massal.(Aq gak akan menceritakan latar-belakang masalah tersebut karena itu sudah kami kubur dalam-dalam). Satu hal yang dapat kami ambil dari kejadian tersebut adalah……………”Hati-hati gunakan mulutmu karena mulutmu harimaumu”. Walaupun dari masalah itu sempat membuat renggang interaksi atara penghuni G’teven dan Pak rudy, tapi Tuhan melunakkan hati pak Rudy dan menjadikan masalah itu sebagai pelajaran kami semua.( Thank’s God ,our physic teacher and G’teven).

Interaksi pun kian pulih kami malah lebih lagi akrab dengan pak Rudy, dari beliau kami tidak hanya dapat wawasan tentang ilmu fiska tetapi wawasan untuk menjadikan hidup ini berarti. Pak rudy sering mengingatkan kami untuk menghormati orang tua kami (I love you my mother and father), berusaha untuk mencapai cita-cita kami, dan mengajari kami untuk saling mengasihi.

Selain itu ada peristiwa yang memalukan to myself,,, yaitu salah jawab saat ditanya, bunyi hukum I Newton……………..OMG,,, karena jawaban tersebut,kata-kata saya jadi bahan ledekan. Mau tawu apa kata-katanya??? “Diam dengan kecepatan tetap”, mengingatnya saja bisa buat aku tertawa sendiri, padahal yang benar adalah “Benda yang mula-mula diam akan tetap diam dan benda yang mula-mula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap” . Hahahhahahahahaha.

Kuharap interaksi ini gak akan putus malah harus semakin erat lagi….. GBU all and thank’s  for read this…………….(Maaf jika tulisan diatas masih banyak yang salah, saya akan berusaha untuk memperbaikinya)