Akhir-akhir ini kota tercinta kita Palangka Raya sering hujan, dan tidak jarang disertai dengan petir. Petir merupakan peristiwa nyata yang melibatkan listrik statis.

Bagi bangunan-bangunan bertingkat, pada atas atap dipasang alat penangkal petir. Penangkal petir terdiri atas beberapa konduktor yang ujungnya runcing, dihubungkan ke lempengan logam (tembaga) yang di tanam di tanah. Dan penangkal petir melindungi petir dari petir dengan 2 cara:

1.Aliran ion positif dari ujung runcing konduktor menuju awan halilintar mengurangi muatan listrik induksi pada atap gedung juga menetralkan beberapa muatan listrik negatif pada awan. Dan menyebabkan berkurangnya kesempatan atap gedung tersambar petir.

2.Jika petir menyambar juga, penangkal petir menyediakan jalur untuk dilalui elektron-elektron menuju ke dalam tanah. Tanah memiliki kemampuan tak terbatas untuk menampung elektron .

Dan listrik sangat berperan dalam kehidupan kita, seperti untuk menyalakan lampu,tv,radio,pengering rambut,kulkas,komputer dll.

About these ads